KegiatanLingkungan HidupTata Ruang

CityXChange Summit, Bellagio, Italia, pada 14 – 18 Mei 2017

IMG-20170602-WA0011

President 100 Resilient Cities, Michael Berkowitz  mengundang Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup untuk menghadiri CityXChange Summit yang diselenggarakan oleh The Rockefeller Foundation dan 100 Kota Tangguh (100 Resilient Cities), di Bellagio, Italia, pada tanggal 14 – 18 Mei 2017. CityXChange Summit merupakan pertemuan kecil (small gathering) yang mengundang dan mempertemukan beberapa pemimpin kota dari seluruh dunia yang tergabung dalam 100 RC dengan inovator teknologi dan investor untuk saling bertukar pandangan mengenai solusi yang paling menjanjikan untuk tantangan besar yang dihadapi kota-kota abad ke-21. Acara ini memberi kesempatan berharga bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk bekerja dan membangun hubungan langsung dengan para pemimpin kotamadya lainnya.

Acara ini dihadiri oleh para pemimpin kota dari Negara Addis Ababa, Ethiopia; Athens, Greece; Atlanta, GA, US; Lagos, Nigeria; New Orleans, LA, US; Oakland, CA, US; Sydney, Australia; Thessaloniki, Greece; Toronto, Canada dan Jakarta, Indonesia. Delegasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipimpin oleh Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta (Bappeda).

Program dari acara ini adalah menampilkan sesi panel dan pembicara yang membingkai isu-isu dari perspektif kota dan teknologi melalui brainstorming dimana para pemimpin kota dibagi ke dalam kelompok kecil untuk sesi pemecahan masalah kolaboratif, disini pejabat kota akan duduk bersama inovator dan penyandang dana terkemuka untuk mengidentifikasi bentuk kerjasama dan peluang untuk kemitraan masa depan serta tantangan yang dihadapi.

Pinjaman Online Baca juga: Erek erek 2d Bergambar Lengkap
Baca juga :  Rapat Kemajuan Peninjauan Kembali RDTR

Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menjadi salah satu pembicara dalam program ini dengan mengusung tema Health and Wellbeing – Safeguard of human life.

IMG-20170602-WA0012  IMG-20170602-WA0013

Dalam sesi diskusi,Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bersama dengan Kepada Bappeda mengangkat isu mengenai masalah Sanitasi DKI Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta melalui PD. PAL Jaya telah melakukan upaya pembenahan sistem sanitasi, baik upaya yang bersifat jangka panjang dengan pembangunan jaringan perpipaan Off Site maupun jangka pendek . Pembangunan sistem Off Site dilaksanakan dalam 3 perencanaan : (i) Jangka pendek untuk pembangunan Zona 0,1,6 dengan waktu pelaksanaan dari Tahun 2012 sampai dengan 2020, (ii) Jangka menengah untuk pembangunan Zona 4, 5, 8 dan 10 dengan waktu pelaksanaan dari tahun 2021 sampai dengan 2030 dan, (iii) Jangka panjang untuk pembangunan Zona 2, 3, 7, 9, 11, 12, 13 dan 14  dengan waktu pelaksanaan dari Tahun 2031 sampai dengan 2050.

100RC akan memasilitasi pilot project pengolahan air limbah diskala komunitas sebagai sistem antara dan pelengkap dari sistem perpipaan air limbah Jakarta (yang rencananya sistem perpipaan baru akan selesai di tahun 2050 dan hanya menjangkau maksimal 80% dari wilayah Jakarta)

CityXChange Summit merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang ada dalam agenda 100 RC untuk membantu kota-kota di dunia agar menjadi kota yang tangguh dalam menghadapi tantangan fisik, sosial, dan ekonomi yang berkembang. Jakarta terpilih untuk menjadi bagian dalam jejaring 100 Resilient Cities (100RC) pada bulan Mei 2016 dan semenjak saat itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan beberapa kegiatan dengan melibatkan 100 RC dalam mewujudkan agenda Jakarta menuju kota berketahanan, dengan kegiatan terbaru adalah telah terselenggaranya Lokakarya Penyusunan Strategi Ketahanan Kota Jakarta (Resilient City) yang dilakukan pada tanggal 2, 3 dan 5 Mei 2017.

Baca juga :  Kunjungan Lapangan Deputi Gubernur TRLH bersama Dua Mahasiswa Rotterdam University

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Back to top button