Kliping

Sesuai Instruksi Anies, Sejumlah Sekolah di Jakarta Sudah Dipasang Panel Surya

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, sejumlah gedung sekolah di Jakarta sudah dipasang panel surya atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Salah satunya yakni SMPN 1 Jakarta di Cikini, Jakarta Pusat.

“Kalau 100 (sekolah), ada (yang sudah dipasangi panel surya). Ke SMP 1 saja lihat,” ujar Ratiyono saat dihubungi, Selasa (6/8/2019).

Menurut Ratiyono, listrik yang dihasilkan panel surya bisa digunakan penuh untuk 24 jam.

“Ya dipakai 24 jam,” kata dia.

Ratiyono berharap, semua gedung sekolah di Jakarta bisa segera dilengkapi panel surya.

Apalagi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menginstruksikan pemasangan panel surya di semua gedung sekolah melalui Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

“Kalau bisa, dalam waktu dekat ya semuanya (gedung sekolah dipasangi panel surya),” ucap Ratiyono.

Gubernur Anies telah menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 pada Kamis (1/8/2019).

Salah satu isinya yakni menginstruksikan Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, untuk menginstalasi solar panel pada seluruh gedung sekolah, fasilitas olahraga/kepemudaan, fasilitas kesehatan, dan gedung milik pemerintah daerah yang dimulai pada 2019 dan diselesaikan pada 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sesuai Instruksi Anies, Sejumlah Sekolah di Jakarta Sudah Dipasang Panel Surya”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/06/14262501/sesuai-instruksi-anies-sejumlah-sekolah-di-jakarta-sudah-dipasang-panel.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Jessi Carina

Related Articles

Back to top button
Close
Close