Kliping

340 Orang Mengungsi akibat Kebakaran di Kalideres

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebakaran menimpa ratusan rumah semi permanen di RT 10 RW 1, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (28/8/2019) pukul 14.00 WIB. “Korban jiwa tidak ada, tapi total ada 120 kepala keluarga dengan total 340 orang korban yang terdampak musibah ini,” kata Lurah Semanan Bayu Fadayen Gantha (31) di lokasi pengungsian, Kamis (29/8/2019). Ia mengatakan ganti rugi tidak akan diberikan karena lahan tersebut milik orang lain. “Apabila ingin membangun kembali harus ada izin dari pemilik,” kata Bayu.

Seluruh kebutuhan pengungsi pun sudah disediakan untuk korban kebakaran. Bantuan seperti obat-obatan, pakaian dan makanan telah diberikan oleh dinas-dinas terkait. MCK juga telah ditempatkan di lokasi pengungsian.

Seorang pria hendak membawa hasil kumpulan sisa-sisa besi dan logam dari lokasi kebakaran. (29/8/2019)(KOMPAS.COM/ANASTASIA AULIA)
Seorang pria hendak membawa hasil kumpulan sisa-sisa besi dan logam dari lokasi kebakaran. (29/8/2019)(KOMPAS.COM/ANASTASIA AULIA)

Pada hari Minggu nanti dijadwalkan akan dilakukan pembersihan massal yang dilakukan oleh warga dan jajaran Pemprov. “Itu kayu, sampah-sampah seluruhnya akan dibersihkan secara bersama-sama” ujar Bayu. Sebelumnya, kebakaran tersebut disebabkan oleh korsetling listrik. Padatnya pemukiman dan bentuk bangunan yang kebanyakan semi permanen membuat api melahap dengan cepat. Ditambah lagi, angin dan kondisi musim kemarau menambah ganas kobaran api. Lokasi kebakaran yang persis disebelah rel kereta api membuat perjalanan KRL commuter line rute Duri-Tangerang dan kereta bandara pun turut terganggu akibat kebakaran ini. Petugas pemadam kebakaran baru bisa memadamkan api dua jam kemudian. Di lokasi kebakaran, kini terlihat banyak orang mencoba mengais puing-puing sisa kebakaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “340 Orang Mengungsi akibat Kebakaran di Kalideres”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/29/16101901/340-orang-mengungsi-akibat-kebakaran-di-kalideres.
Penulis : Anastasia Aulia
Editor : Sabrina Asril

Related Articles

Back to top button
Close
Close