Kliping

Mewujudkan Jakarta Ramah Bersepeda…

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang membangun jalur khusus sepeda di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Sesuai aturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, jalur sepeda merupakan salah satu perlengkapan jalan. Pemerintah juga harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin mewujudkan ” Jakarta Ramah Bersepeda” dan mendorong lebih banyak warga Jakarta menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Warga bisa menggunakan sepeda untuk menempuh jarak yang cukup dekat. “Kita akan meluncurkan jalur-jalur sepeda yang kita harapkan nanti warga Jakarta lebih banyak lagi menggunakan sepeda,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (17/9/2019). Selain membangun jalur sepeda, Pemprov DKI juga menyiapkan banyak tempat parkir sepeda. Pemprov DKI juga meminta perusahaan swasta menyiapkan tempat parkir sepeda di kantor mereka.

Dibangun di ruas jalan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, jalur-jalur sepeda yang dibangun Pemprov DKI Jakarta berada di ruas jalan. Dinas Perhubungan DKI sebelumnya telah mengkaji penempatan jalur sepeda di ruas jalan. “(Jalur sepeda) di jalan, sesuai dengan kajian kita seperti itu,” ucap Syafrin.

Dijamin aman

Syafrin memastikan keamanan jalur sepeda yang dibangun di ruas jalan. Sebab, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan marka dan traffic cone sebagai pembatas jalur sepeda dan jalur kendaraan bermotor. “Ada marka, ada cone, semuanya lengkap. Aman,” kata dia.

Uji coba di 17 jalur

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan uji coba jalur sepeda di 17 jalur mulai Jumat (20/9/2019). Chief Executive Officer Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Heather Thompson disebut akan hadir dalam peluncuran dan uji coba jalur sepeda di Jakarta. “Kita akan ramai-ramai gowes, ada Pak Gubernur, CEO ITDP, kan luar biasa, beliau jauh-jauh dari Jerman datang untuk menyaksikan program Jakarta Ramah Bersepeda yang mulai kita giatkan tahun ini,” tutur Syafrin. Uji coba jalur sepeda dibagi dalam tiga fase dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda selama dua bulan penuh.

Sebanyak tujuh jalur akan diujicobakan pada 20 September-19 November 2019. Rutenya sebagai berikut:

  1. Jalan Medan Merdeka Selatan
  2. Jalan MH Thamrin
  3. Jalan Imam Bonjol
  4. Jalan Pangeran Diponegoro
  5. Jalan Proklamasi
  6. Jalan Pramuka
  7. Jalan Pemuda

Fase dua, ada empat jalur yang akan diujicobakan pada 12 Oktober-19 November 2019. Jalur tersebut sebagai berikut:

  1. Jalan Jenderal Sudirman
  2. Jalan Sisingamangaraja
  3. Jalan Panglima Polim
  4. Jalan RS Fatmawati

Untuk fase tiga, ada enam jalur yang diujicobakan pada 2-19 November 2019. Jalurnya sebagai berikut:

  1. Jalan Tomang Raya
  2. Jalan Cideng Timur
  3. Jalan Kebon Sirih
  4. Jalan Matraman Raya
  5. Jalan Jatinegara Barat
  6. Jalan Jatinegara Timur

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mewujudkan Jakarta Ramah Bersepeda…”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/18/07540151/mewujudkan-jakarta-ramah-bersepeda?page=2.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Jessi Carina

Related Articles

Back to top button
Close
Close