Kliping

Pembangunan Waduk Cimanggis Diharapkan Selesai Sebelum Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com – Warga RW 014, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, berharap pembangunan Waduk Cimanggis bisa dipercepat. Ketua RW 014 Sunarjo mengatakan, warga berharap waduk bisa rampung sebelum musim hujan tiba. Pasalnya, waduk itu diproyeksikan mengatasi banjir di permukiman warga Cibubur. “Ya harapannya bisa cepat selesai sebelum musim hujan, biar bisa jadi resapan air. Karena kalau enggak (selesai), Kali Caglak tuh pasti meluap saat hujan dan RW 04 dan 010 jadi banjir,” kata Sunarjo di kediamannya, Jalan Jambore, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (17/9/2019). Dia menjelaskan, sebelum waduk dibangun, saat hujan deras, Kali Caglak selalu meluap yang menyebabkan tanggul pada kali jebol.

Hal itu berdampak permukiman warga yang berdampingan dengan kalo dilanda banjir. “Kalau belum selesai ya banjir lagi pasti, bisa hampir dua meter itu. Kalau waduk jadi kan bisa (air) ditampung di sini (waduk),” ujar Sunarjo. Adapun berdasarkan papan informasi di area proyek, tercantum aktivitas pekerjaan, yakni, pengerjaan tanggul turap waduk, pengerjaan public space, dan pengerjaan landscape waduk serta taman. Proyek tersebut digarap PT Tassiajaya Abadi dan PT Cakra Gatra Utama sejak 5 Agustus 2019. Selain Waduk Cimanggis, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta juga sedang mengeruk Waduk Kampung Rambutan dan Waduk Pondok Ranggon. Ditargetkan proyek ketiga waduk tersebut selesai sebelum musim hujan atau akhir September 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pembangunan Waduk Cimanggis Diharapkan Selesai Sebelum Musim Hujan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/17/17583891/pembangunan-waduk-cimanggis-diharapkan-selesai-sebelum-musim-hujan.
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Irfan Maullana

Related Articles

Back to top button
Close
Close