Kliping

Jangan Hanya Bangun Jalur Sepeda, Pemprov DKI Diminta Memastikan Steril dari Kendaraan Bermotor

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana penambahan jalur sepeda di sejumlah lokasi di Jakarta disambut baik komunitas pecinta sepeda ontel. Ong Cukim, pegiat komunitas ontel Batavia menyambut baik rencana Pemprov DKI memperbanyak jalur sepeda, namun dengan beberapa catatan. “Memang sebelumnya zaman Gubernur Fauzi Bowo sudah dicanangkan akan dibuat jalur khusus pesepeda. Kalau sekarang Pak gubernur mau adain jalur sepeda baru di beberapa lokasi, saya sebagai penggiat sepeda fine-fine aja,” ujar dia saat dihubungi, Kamis (19/9/2019).

Menurut dia, pemerintah seharusnya jangan hanya fokus kepada pembangunan fisik jalur sepeda. Pemerintah juga harus memastikan jalur tersebut harus steril dari kendaraan bermotor. Dengan demikian, Pemprov perlu mensosialisasikan fungsi jalur sepeda kepada masyarakat. Faktanya, banyak pengendara bermotor yang tetap melaju di jalur sepeda. Bahkan menggunakan jalur sepeda untuk tempat parkir kendaraan. “Karena harus diakui kurangnya sosialisasi kepada pengendara mobil dan motor. Kebetulan juga kesadaran angkutan umum juga kurang akan fungsi jalur sepeda tersebut,” ucap dia.

Dia berharap, warga bisa memahami fungsi dari jalur sepeda dan menghargai hak penggunan sepeda. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meluncurkan jalur-jalur sepeda di Jakarta dalam upaya memfasilitasi pesepeda di Jakarta. Ada 17 ruas jalan di Jakarta yang disediakan dengan jalur sepeda.

Uji coba jalur sepeda ini akan dibagi dalam 3 fase dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda selama 2 bulan penuh. Fase pertama, tujuh jalur akan diujicobakan pada 20 September-19 November 2019, yakni:

1. Jalan Medan Merdeka Selatan

2. Jalan M.H Thamrin

3. Jalan Imam Bonjol

4. Jalan Pangeran Diponegoro

5. Jalan Proklamasi

6. Jalan Pramuka

7. Jalan Pemuda

Fase 2, ada empat jalur yang akan diujicobakan pada 12 Oktober-19 November 2019, yakni:

1. Jalan Jenderal Sudirman

2. Jalan Sisingamangaraja

3. Jalan Panglima Polim

4. Jalan RS Fatmawati Raya

Fase 3, ada enam jalur yang diujicobakan pada 2-19 November 2019, yakni:

1. Jalan Tomang Raya

2. Jalan Cideng Timur

3. Jalan Kebon Sirih

4. Jalan Matraman Raya

5. Jalan Jatinegara Barat

6. Jalan Jatinegara Timur

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jangan Hanya Bangun Jalur Sepeda, Pemprov DKI Diminta Memastikan Steril dari Kendaraan Bermotor”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/19/14130071/jangan-hanya-bangun-jalur-sepeda-pemprov-dki-diminta-memastikan-steril?page=3.
Penulis : Walda Marison
Editor : Sandro Gatra

Related Articles

Back to top button
Close
Close