Kliping

Di Jakarta, Masih Ada Warga yang Sulit BAB karena Tak Punya Jamban

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski tinggal di ibu kota negara, warga DKI Jakarta masih merasakan sulitnya membuat hajat atau buang air besar (BAB) di permukiman padat penduduk yang berada di RT 015/ RW 007, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Pertamburan, Jakarta Barat. Bahkan, 1 tempat untuk BAB atau jamban, harus dipakai bergilir beberapa orang di perkampungan itu.  Ketua RT 015 Sitanggang membenarkan bila warganya masih ada yang menggunakan satu WC untuk beramai-ramai dan buang BAB langsung ke kali. Sitanggang menyebutnya “sistem helikopter”. “Memiliki jamban cuma sistemnya sistem helikopter dalam arti mereka punya kamar mandi tapi pembuangan ke kali saluran air langsung,” ujar Sitanggang saat di temui di kediamannya, Kamis (3/10/2019).

Menurut Sitanggang, warga di dalam RT 015 ada 150 Kepala Keluarga, dan yang tidak memiliki jamban sebanyak 20-30 KK. “Di sini saja warga 150an jadi yang enggak punya jamban ada 20-30 di pinggir kali cuma pembuangannya di alirkan kekali mungkin,” tambah Sitanggang. Buruknya lagi, di lokasi pemukiman ini juga tak ada lagi lahan yang bisa dibangun untuk mendirikan WC bersama yang lebih luas.  “Memang itu sudah direncanakan dari kita waktu itu sudah ada di sini penataan kampung cuma yang kita kendalakan begini kalau umpamanya kita buatkan tempatnya di mana? Kalau dibuatkan untuk pembuatan dari mana? Kalau sudah jadi kelanjutan butuh penyedotan dari mana? Perawatannya. Tahu sendiri ini kan tidak ada tempatnya mau taruh di mana,” tambah Sitanggang.

Pantuan Kompas.com saat menyusuri gang Sekretaris di RT 015 pada pukul 17. 29 WIB, memang kondisi kali yang ada di sisi sepanjang gang itu berwarna hitam. Beberapa pipa yang berada di pinggir kali sepertinya langsung berasal dari rumah salah seorang warga. Pipa-pipa itu mengalirkan air dari rumah-rumah langsung ke kali. Sementara lebar kali yang tidak lebih dari 3 meter membuat air mengalir dengan lambat dan menyebabkan bau tidak sedap tercium.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Di Jakarta, Masih Ada Warga yang Sulit BAB karena Tak Punya Jamban”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/03/22053891/di-jakarta-masih-ada-warga-yang-sulit-bab-karena-tak-punya-jamban.
Penulis : Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar
Editor : Sabrina Asril

Related Articles

Back to top button
Close
Close