KegiatanTata Ruang

Peluncuran Urbanization Flagship Report oleh Bank Dunia

Jakarta, 3 Oktober 2019. Bank Dunia (The World Bank) hari ini melakukan peluncuran Urbanization Flagship Report berjudul “Time to ACT: Realizing Indonesia’s Urban Potential”. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas serta Menteri Keuangan hadir memberikan sambutan pembuka dan keynote speech. Acara dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan yang bergerak dibidang pembangunan perkotaan. Asisten Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang hadir sebagai salah satu peserta yang mewakili Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Laporan yang disusun oleh Bank Dunia tersebut mengkaji mengenai tantangan dan peluang urbanisasi di Indonesia, serta menawarkan cara baru untuk mengklasifikasi berbagai jenis wilayah perkotaan dan pedesaan, serta karakteristik masyarakatnya. Laporan tersebut menghasilkan tiga prinsip utama yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kebijakan, yaitu Augment, Connect, dan Target (ACT). Augment mengacu pada perluasan dan pemerataan akses ke pelayanan dasar berkualitas tinggi di semua wilayah, baik perkotaan maupun perdesaan. Connect mengacu pada peningkatan konektivitas antar wilayah dan antara masyarakat dan lapangan kerja, kesempatan dan pelayanan. Sementara Target adalah upaya mengatasi kesenjangan menahun antardaerah dan kelompok masyarakat, yang mungkin masih ada meskipun dua prinsip pertama telah diterapkan sepenuhnya. Kunci penerapan prinsip-prinsip ACT adalah reformasi kelembagaan, tertutama tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah.

Pada akhirnya, laporan ini disusun dengan tujuan memberikan informasi dan usulan kebijakan agar urbanisasi dapat membawa kemakmuran, inkusivitas, dan kelayakan huni bagi semua penduduk Indonesia.

WhatsApp Image 2019-10-03 at 12.38.31 PM

Related Articles

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close