Kliping

Pemkot Jakut Akan Perbarui Data Lokasi Rawan Genangan guna Hadapi Musim Penghujan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara akan memperbaharui data lokasi rawan genangan jelang musim penghujan yang diperkirakan jatuh pada bulan depan. Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menginstruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) untuk memperbarui data yang akan dituangkan dalam peta mitigasi bencana. “Kami minta camat, lurah dan UKPD untuk betul-betul meng-update semua informasi di wilayah terkait rawan genangan. Agar segera dituangkan dalam satu peta mitigasi bencana,” kata Ali melalui keterangan tertulisnya, Kamis (3/10/2019) Data ini berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya genangan ketika hujan mengguyur Jakarta Utara.

Persiapan yang dilakukan berupa memperbaiki pompa air yang rusak, menguras saluran air hingga mencari lokasi penampungan korban bencana yang layak dihuni sementara. “Kami juga mengingatkan agar seluruh petugas sigap dalam penanganan genangan demi kelancaran aktivitas masyarakat. Misalkan kalau mulai gerimis, petugas tidak langsung berteduh, tapi bergegas menggunakan jas hujan untuk membersihkan tali-tali air yang tersumbat,” jelas Ali. Selain itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar turut membersihkan sampah-sampah di lingkungan sekitar yang bisa berpotensi menyumbat saluran air. Program seperti gerebek sampah tengah didorong oleh pihak Pemkot agar tidak adanya genangan air ataupun banjir di Jakarta Utara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pemkot Jakut Akan Perbarui Data Lokasi Rawan Genangan guna Hadapi Musim Penghujan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/03/19064341/pemkot-jakut-akan-perbarui-data-lokasi-rawan-genangan-guna-hadapi-musim.
Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari
Editor : Irfan Maullana

Related Articles

Back to top button
Close
Close