Kliping

Septic Tank Akan Dipasang, Air Olahannya Bisa Dipakai untuk Siram Tanaman

JAKARTA, KOMPAS.com – Camat Grogol Petamburan Didit Sumaryanta mengatakan bahwa kotoran yang masuk ke dalam septic tank komunal dapat diolah, salah satunya mengubah air menjadi lebih bersih. “Ini kan ada mesin penghancur di bawah. Jadi kotoran yang masuk akan hancur dan keluarnya air yang mungkin sudah agak bersihan,” kata Didit di Gang Sekretaris I RT015/RW007, Tanjung Duren Utara, Selasa (8/10/2019). Didit mengatakan air yang keluar dari septic tank nantinya dapat digunakan warga untuk menyiram tanaman. Meski demikian, kualitas air yang berasal dari septic tank tersebut tidak layak untuk dikonsumsi menjadi air minum. Besok septic tank akan dipasang di permukiman warga yang selama ini langsung membuang limbah WC ke kali.

Didit mengatakan pemasangan septic tank akan terkendala sempitnya jalan. Namun, Pemerintah Kota Jakarta Barat terus melakukan upaya agar tangki septic tank bisa ditanam. “Kami coba lakukan dengan tingkat kesulitan karena lahannya sedikit,” kata Didit. Nantinya, tangki septic tank akan ditanam di tiga titik sepanjang Gang Sekretaris I. Diberitakan sebelumnya, Camat Grogol Petamburan Didit Sumaryanta mengatakan bahwa besok Rabu (8/10/2019), pembangunan septic tank komunal di Gang Sekretaris I RT 15 RW 07, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, akan dimulai. “Besok pagi kami lakukan penggalian. Malam ini kami sosialisasikan dulu untuk penanaman (tangki septic tank),” kata Didit Sumaryanta di Gang Sekretaris I, Selasa (8/10/2019). Didit mengatakan septic tank yang akan dipasang merupakan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PAL Jaya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Septic Tank Akan Dipasang, Air Olahannya Bisa Dipakai untuk Siram Tanaman”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/08/22411251/septic-tank-akan-dipasang-air-olahannya-bisa-dipakai-untuk-siram-tanaman.
Penulis : Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar
Editor : Jessi Carina

Related Articles

Back to top button
Close
Close