Kliping

Warga Kampung Akuarium Berharap Pemprov DKI Mulai Bangun Rumah Berlapis Januari 2020

JAKARTA, KOMPAS.com – Warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa secepatnya membangun rumah berlapis di daerah itu. Topas Juanda, ketua RT 012/ RW 004 Kelurahan Penjaringan berharap Pemprov bisa mulai membangun rumah berlapis itu pada Januari 2020. “Kalau janji pemprov kan 2020, tapi 2020 itu kan bisa awal, tengah, akhir. Nah warga berharap segeralah, kalau bisa Januari,” kata Topas di lokasi, Rabu (20/10/2019). Rumah berlapis merupakan rumah secara vertikal seperti halnya rumah susun. Namun, maksimal hanya empat lantai. Topas menjelaskan, selter yang mereka tinggali saat ini sejatinya sudah cukup nyaman jika dibandingkan dengan bedeng atau tenda yang mereka tempati dulu setelah penggusuran di tahun 2016.

Namun, jika dibandingkan dengan hunian mereka sebelum penggusuran, rumah permanen tentu jauh lebih layak. Salah satu yang dikeluhkan Topas ialah dinding selter yang terbuat dari triplek yang tidak kedap suara. “Jadi kami kalau lagi ngapa-ngapain kedengaran di sebelah,” ucapnya. Selain itu, di masing-masing selter tidak terdapat kamar mandi ataupun toilet. Pemprov DKI membangun 16 pintu toilet untuk satu blok, 8 toilet untuk laki-laki, dan 8 toilet untuk perempuan. Di Kampung Akuarium terdapat 3 blok dengan total 90 selter.

Jika diperhitungkan dengan jumlah toilet maka satu toilet harus berbagi dengan dua selter yang ada di sana. “Kan harus jalan lagi ke luar rumah buat ke toilet. Belum kalau ada yang mau kerja tapi ngantre, nah itu kan kurang nyaman,” ujarnya. Karena itu ia berharap pemerintah bisa mempercepat pembangunan rumah lapis. Senada dengan Topas, koordinator warga Kampung Akuarium Dharma Diani berharap proses pembangunan kampung bisa berjalan singkat. “Kalau bisa satu tahun selesai lah,” tuturnya. Meski selter terasa nyaman, ia berharap bisa tinggal di hunian tetap tanpa harus was-was akan digusur kembali.

Pemprov DKI berencana akan membangun kembali Kampung Akuarium pada 2020. Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang melelang rencana desain (detail engineering design atau DED). Desain itu untuk mengembangkan konsep penataan yang telah diusulkan warga Kampung Akuarium dalam program penataan kampung dengan CAP. Kampung Akuarium akan dibangun dengan konsep rumah berlapis. Rumah dibangun secara vertikal seperti halnya rumah susun. Namun, Triyanto menyebutkan, rumah berlapis maksimal hanya memiliki empat lantai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Warga Kampung Akuarium Berharap Pemprov DKI Mulai Bangun Rumah Berlapis Januari 2020”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/09/21272331/warga-kampung-akuarium-berharap-pemprov-dki-mulai-bangun-rumah-berlapis?page=2.
Penulis : Jimmy Ramadhan Azhari
Editor : Egidius Patnistik

Related Articles

Back to top button
Close
Close