Kliping

Manggarai Jadi Stasiun Sentral, Kantong Parkir Disiapkan di Pasar Raya dan Gambir

JAKARTA, KOMPAS.com – Stasiun Manggarai, Jakarta, nantinya akan menjadi pusat beroperasinya berbagai angkutan setelah layanan kereta api (KA) jarak jauh dipindahkan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai pada akhir 2021. Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kantong parkir di kawasan Stasiun Manggarai. Hal itu untuk mempermudah penumpang mengakses KRL (keret rel listrik), KA jarak jauh maupun KA bandara. “Kita juga pikirkan untuk kantong-kantong parkir. Kan kenapa di Manggarai (dibangun central perkertaapian) karena lebih mudah diakses, di Manggarai bisa bisa dilalui jalur kereta api listrik,” ujar Supandi saat dihubungi, Minggu (27/10/2019).

Meski demikian, Supandi mengakui hanya menyiapkan kantong parkir dengan kuota sedikit. Hal itu guna mengurangi masyarakat naik kendaraan pribadinya. “Ada tapi terbatas (kantong parkirnya). Ngapain naik motor atau mobil kan bisa KRL atau Transjakarta,” kata Supandi. Ia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyiapkan kantong parkir di Pasar Raya Manggarai. “Kalau kantong parkir mungkin di Pasar Raya Manggarai yang ada di situ kalau dalam waktu dekat ini,” katanya.

Selain itu, kantong parkir juga disiapkan di Stasiun Gambir. Pasalnya, akses dari Manggarai ke Stasiun Manggarai lebih cepat ditempuh nantinya. “Headway dari Stasiun Gambir ke Manggarai itu tiga menit, paling lama lima menit. Jadi penumpang bisa parkir di situ,” tutur Supandi. Meski nantinya banyak jenis KA yang beroperasi di Stasiun Manggarai, Kemenhub memastikan KRL dan KA jarak jauh bisa beroperasi dengan lancar.

Hal ini karena adanya proyek double-double track sehingga jalur kereta lebih banyak. “Iya selama ini kan KRL banyak ditahan-tahan, enggak enak. Jadi kita harus adil. Nanti KA jalur sendiri jadi dia lebih fleksibel enggak akan mengganggu yang lain,” kata Supandi. Layanan angkutan KA jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai mulai akhir 2021. Perpindahan itu menunggu proyek revitalisasi Stasiun Manggarai seles

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Manggarai Jadi Stasiun Sentral, Kantong Parkir Disiapkan di Pasar Raya dan Gambir”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/10/28/11400021/manggarai-jadi-stasiun-sentral-kantong-parkir-disiapkan-di-pasar-raya-dan?page=2.
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Sandro Gatra

Related Articles

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close