Kab/Kota

Sah! DPRD Bojonegoro Setujui Raperda RTRW 2021-2041 Jadi Perda

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro telah mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2021-2041 menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021. Aturan ini nantinya akan menjadi landasan hukum bagi pembangunan dan rencana pembangunan Kabupaten Bojonegoro untuk 20 tahun ke depan.

Jubir Pansus Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021-2041 Didik Trisetyo Purnomo menyampaikan, saat ini Bojonegoro telah memiliki Perda Nomor 26 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2011-2031, namun perlu dilakukan peninjauan kembali using.

Sebab, perkembangan sektor pembangunan disertai penurunan kualitas lingkungan hidup menyebabkan ketidakseimbangan struktur dan fungsional ruang wilayah sekaligus ketidakteraturan ruang wilayah.

Adapun proses pertumbuhan dan perkembangan tersebut turut dipengaruhi oleh faktor internal, eksternal, serta adanya perubahan struktur tata ruang terkait pusat pelayanan dan jumlah kawasan perkotaan.

Didik mengatakan, di tahun 2012 terjadi pemekaran wilayah administrasi kecamatan menjadi 28 kecamatan dari semula 27 kecamatan serta adanya Proyek Strategis Nasional. Sehingga diperlukan persiapan untuk mengakomodasi kebutuhan ruang dan pengaturan ruang yang selaras.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebagaimana amanat Undang-Undang, Rencana Tata Ruang (RTR) dapat dilakukan peninjauan kembali 1 kali dalam setiap periode 5 tahunan. Oleh karena itu, pada tahun 2019 telah dilakukan Peninjauan Kembali terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2011-2031.

Dari peninjauan kembali tersebut didapatkan hasil bahwa Peraturan Daerah tersebut harus ditindaklanjuti dengan Pencabutan Peraturan Perundang-Undangan melalui Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021-2041.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih karena usulan pembentukan Raperda RTRW Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021-2041 telah disepakati bersama dan mendapat persetujuan. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang, bahwa dalam rangka penetapan peraturan daerah tentang RTRW Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021-2041 harus melalui Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Tata Ruang Kabupaten oleh Gubernur, dan dilakukan konsultasi Evaluasi pada Kemendagri.

“Nota Persetujuan Bersama tentang Raperda RTRW Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021-2041 ini akan segera disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur untuk segera dilakukan evaluasi dan memastikan rancangan peraturan daerah telah sesuai dengan persetujuan substansi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional,” pungkasnya.

Tags
Back to top button
Close
Close